Inilah isi sebuah team developer game [PART 1]


Mungkin kamu adalah sebuah gamers yang bercita cita ingin membuat game sendiri tapi kamu tidak tahu harus menjadi apa dan mulai dari mana, maka dari itu IDTechToday akan menjelaskan sebuah isi team seorang developer game. Team developer game tidaklah jauh berbeda dari team developer animasi karena banyak aspek yang sama seperti di developer game pastinya ada designer, 3D modeller dan animator lalu begitu juga team developer animasi hanya saja yang membedakan kedua team tersebut ialah dibidang programming dan lain lain. Di dalam membuat game kamu harus bisa membuat sebuah scene untuk dimainkan oleh penggunanya dengan memperhatikan detail level, event dan pergerakan AI (Artificial intelligence) sedangkan jika membuat animasi kamu tidak perlu memperhatikan faktor tersebut karena scene yang kamu buat hanya untuk di tonton bukan untuk dimainkan.

Dan sebuah team developer setidaknya harus bisa memiliki orang orang yang punya keahlian khusus yang akan saya tulis dibawah ini dan sebenarnya sangat banyak bagian bagian team developer game yang tidak bisa saya tulis semuanya tapi dibawah ini adalah pekerjaan pekerjaan paling penting dalam sebuah team developer. So check this out.


1. Animator

Animator adalah sebuah pekerjaan yang memerlukan kejelian dalam melakukan suatu hal karena kamu harus bisa mengambil sebuah gambar atau model yang disediakan 3D modeller atau designer lalu disatukan dan jadilah sebuah animasi. Tugas animator dalam team adalah membuat pergerakan karaker dan asset dalam game

2. Assistant Producer

Seorang Assistant Producer bertugas untuk memberi sebuah deadline kepada staffnya untuk mengumpulkan semua tugasnya dalam jangka waktu tertentu tanpa seorang Assistant Producer, pembuatan sebuah game akan berlangsung lebih lama

3. Audio Engineer

Berhubung dengan audio sudah pasti kalian tau apa tugas seorang Audio Engineer. Yap, membuat audio didalam game seperti Soundtrack, Sound Effect, Suara karakter maupun asset dan lainnya yang berhubung dengan suara. Jika tidak ada orang ini maka game kalian akan tampak hampa.

4. Creative Director

Menjadi seorang director memanglah tidak mudah, contohnya menjadi seorang Creative Director. Kamu bertanggung jawab atas kualitas kesuluruhan game dan bagaimana rasanya game ini nanti. Tanpa dia, game yang akan dibuat akan terasa acak acakan dan tidak teratur

5. External Producer

Tugas dari orang ini adalah memastikan kesuksesan game yang akan dibuat nanti hanya saja di berkerja diluar team alias tidak bersatu dengan staff lainnya. Tanpa dia game yang dibuat tidak akan tersebar luas.

6. Game Designer

Sebuah game designer sangatlah penting didalam sebuah team developer karena dialah yang membuat semua elemen didalam game termasuk bagaimana game ini akan berjalan nanti, semua elemen yang ada didalam game dibuat oleh seorang Game Designer. Tanpa seorang game designer maka game itu tidak akan punya suatu hal menarik alias hanya roaming saja.

7. Game Programmer

Seorang game Programmer membuat dan menulis kode yang akan mengendalikan jalannya game. Tanpa Game Programmer maka seluruh elemen dalam game yang akan dibuat akan membeku alias tidak bergerak karena tidak dikendalikan oleh code yang dibuat game programmer.

8. Game Artist

Game Artist bertugas untuk membuat desain desain yang akan digunakan dalam game seperti karakter, kendaraan, texture dan sebuah object benda maupun lainnya. Jika Game Artist tidak ada maka game yang dibuat tidak akan berisi apa apa alias hanya sebatas terrain kosong.

9. Technical Artist

Technical artist bertugas menjadi sebuah jembatan yang menyatukan artist dan programmer sehingga bisa menyatukan karya mereka menjadi sebuah game dan tanpa dia, Artist dan Programmer tidak akan bisa menyalurkan karya mereka ke sebuah game.

10. Public Relation

Public Relation adalah salah satu pekerjaan paling penting dalam sebuah game karena dialah yang membuat nama team kalian terlihat baik dan membantu menyebarkan game ini lewat berbagai media digital maupun non digital. Jika tidak ada Public Relation maka tidak akan ada yang tahu tentang team kalian.

Dan itulah 10 pekerjaan yang paling penting dalam sebuah team developer, dan masih ada lagi loh! kami akan tulis lagi dalam post berikutnya (part 2). So Stay Tune at IDTechToday

Part 2 sudah kami tulis, kamu bisa baca disini (LINK)

4 comments:

  1. woh, ane baru ada,...
    - Animator
    -Game Designer
    -Game artist

    ReplyDelete
  2. Info ini sangat saya butuhkan, apalagi bagi pemula yang ingin mengembangan sebuah game bersama tim.
    http://jamil21.blogspot.com/2013/04/game-yang-baik-untuk-perkembangan-otak.html

    ReplyDelete
  3. Yang dicari" dari kemaren -_- ternyata ada disini :v

    holicstudio.blogspot.com

    ReplyDelete