Inilah isi sebuah team developer game [PART 2]


IDTechToday kemarin sudah menulis tentang "Isi sebuah team developer game" yang masih part 1 dan banyak orang yang ingin artikel ini dilanjutkan maka dari itu akan kami lanjutkan artikel ini sampai tuntas, Tapi sebelum itu mungkin jika kamu belum membaca part 1 maka bacalah dulu disini (LINK). Sebenarnya butuh berapa orang sih dalam membuat game itu? jawabannya tergantung pada game yang dibuat apakah project itu termasuk project besar dan serius atau hanya sekedar iseng dan ingin mencoba. Yang pasti sebuah calon developer sukses tidak akan nekat membuat projectnya sendiri karena semua orang punya batas kemampuan tertetu. Terdengar seperti meremehkan para developer solo ya? tapi ini adalah fakta bahwa sampai sekarang seorang developer solo yang sukses masih bisa dihitung dengan jari. Mungkin lain kali saya akan buat post opini saya terhadap solo developer nanti.

Biar tidak out of topic terlalu jauh, ini adalah lanjutan isi sebuah team developer game. So Enjoy...

1. Lead Artist

Tugas seorang Lead Artist adalah bertanggung jawab atas penampilan game ini secara menyeluruh dan memimpin team animator dan artist. Tanpa dia sebuah desain dalam game akan bercampur aduk sehingga terlihat acak acakan

2. Lead Programmer

Seorang Lead Programmer bertugas membuat kode yang akan dibuat kedalam game yang nantinya akan dipakai oleh game programmer. Tanpa dia kode yang dibuat oleh seorang programmer tidak akan berinovasi alias hanya itu itu saja.

3. Level Editor

Level Editor bertugas membuat sebuah level (terrain) yang akan dipakai dan bertanggung jawab atas susunan asset yang dipakai. Tanpa dia asset yang digunakan akan tidak bisa dipakai atau ditunjukan kedalam level.

4. Marketing Executive

Marketing Executive bertugas untuk melakukan riset tentang pasar game seperti apa yang sedang tren sekarang atau sedang dicari oleh orang orang lalu dia yang bertanggung jawab atas promosi di berbagai media dan perkerjaan seorang Marketing Executive hampir sama dengan Public Relation tapi hanya saja seorang Marketing Executive hanya bertanggung jawab dalam mempromosikan sebuah produk. Tanpa dia game yang dibuat tidak akan menarik perhatian orang.

5. Marketing Manager

Marketing Manager dan Marketing Executive adalah sebuah pekerjaan yang berbeda, Marketing manager bertugas untuk menaikan penjualan sebuah game dan membuat sebuah strategi marketing sedangkan Marketing Executive bertugas untuk melakukan riset pasar dan intinya Marketing Manager bekerja setelah game dirilis dan Marketing Excutive bekerja sebelum game dirilis

6. Product Manager

Seorang Product Manager bertugas untuk memaksimalkan penjualan dari sebuah game dan membuat brand game itu sendiri. Dengan adanya Product Manager harga jual game tersebut akan semakin mahal.

7. Producer

Tugas Producer adalah memastikan bahwa game yang dibuat harus tepat waktu dan mengelola dana untuk project. Tanpa seorang producer, pembuatan game akan kacau dan pengeluaran dana tidak akan teratur dan diluar budget

8. Quality Assurance Tester

Pekerjaan QA Tester memang terlihat menyenangkan karena tugasnya adalah memainkan game itu sendiri dan memastikan bahwa game itu sudah bebas bug, QA Tester juga bisa disebut sebagai penyaring karena merekalah yang memastikan bahwa game ini bisa dimainkan tanpa masalah sebelum dirilis ke publik. Tanpa QA Tester game yang dibuat akan penuh dengan bug dan banyak masalah.

Dan selesai sudah artikel "Inilah isi sebuah team developer game". Ingin tahu seluk beluk developer game? tunggu post kami yang lainnya ya!

No comments:

Post a Comment